Tiga Serampai – 3 Musisi yang Menginspirasi Aimee Saras

21 November 2017

Oleh : Irina Chatarina

Siapa tidak merinding ketika mendengar lagu “Kelam Malam”, soundtrack film layar lebar karya Joko Anwar yang baru-baru ini menjadi pusat perhatian kita. Namun tahukah kamu? Suara dibalik lagu tersebut adalah milik penyanyi Jazz Indonesia, Aimee Saras. Persis seperti reaksi saya ketika mendengar lagu “Kelam Malam”, lagu-lagu Aimee selalu berhasil membuat bulu kuduk bangun, berdiri dan menari bersama indahnya lantunan nada bernuansa Swing dan Broadway. Penyanyi yang karakter suaranya ringan dan syahdu ini banyak berkolaborasi dengan Sore dan tergabung dengan kelompok tarik suara Tiga Dara bersama Bonita dan Aprilia Apsari. Siapa sajakah yang selama ini menginspirasi Aimee dalam bernyanyi? Ini lah 3 musisi Indonesia favorit Aimee yang menjadi ilham dalam merajut karya-karyanya.

1. Anggun Cipta Sasmi

Salut dengan keberanian dan kegigihan Anggun dalam mengembangkan karir musik di negara lain yang bisa dibilang dimulai dari nol, lagi dimana di negara sendiri sedang di puncak popularitasnya. Selain itu saya selalu juga suka suaranya yang berat dan pertunjukannya dipanggung, khas dengan lentikan jemarinya sambil memejamkan mata. Kepribadiannya yang kuat namun feminine sudah jarang terlihat di industri musik sekarang ini, sehingga terus memberikan inspirasi bahwa perbedaan itu unik. Ditambah lagi dengan kemampuannya berbahasa Prancis. Penampilannya juga simple dan cantik tanpa melupakan keeksotisan Indonesia dalam dirinya.

2. Vina Panduwinata

Yang paling suka dari Mama Ina adalah suaranya yang tinggi dan agak serak. Selain itu, beliau lah yang menginspirasi saya untuk mulai bernyanyi pada usia lima tahun. Saya sangat suka dengan suaranya yang khas, geni gahar tapi manis. Kebayang kan, kalo denger suaranya langsung tau pasti kalau ini Mama Ina.

3. NAIF

Liriknya mereka itu loh, lawas tapi kekinian, puitis tapi tidak kaku. Mengalir saja kalau bikin lagu, apalagi kalau lagi manggung. Semua persona dari personilnya selalu mengundang penonton pengen naik panggung.