Tiga Serampai – 3 Lagu yang Paling Menyenangkan Untuk Toni Sianipar

12 Maret 2018

Oleh : Irina Chatarina

Bagi yang asing dengan nama ini, Toni Sianipar adalah sosok yang harum namanya di kancah musik Indonesia di tahun 80an. Pak Toni menyebut dirinya sebagai penampil, pembuat dan bahkan pengajar karena beliau aktif bergelut di ketiganya. Mengajar namun menjadi hal yang paling mengena di hatinya, karena berbagi pengalaman dan indahnya musik adalah hal yang bisa membuat beliau bahagia.

 

Harmoni. Satu hal yang paling menarik tentang musik untuk beliau. Itu mengapa beliau memilih gitar sebagai instrument, dan benyanyi dengan beberapa grup vokal, termasuk Elfa’s Singer di tahun 80an. Memulai karirnya dengan mengikuti festival lagu popular, Pak Toni berangkat bersama Titi Dwijayanti (Titi DJ) dengan lagu “Hadirmu” yang beliau ciptakan. Lalu karirnya terus berlanjut hingga pada tahun 1988, beliau menciptakan lagu “Kau Kasihku” yang di populerkan oleh Elfa’s Singer, dan berhasil menduduki urutan pertama Lagu Terbaik Nasional dan naik ke tingkat ASEAN Song Festival.

 

Beliau sekarang menghabiskan waktunya bergelut di dunia periklanan sebagai Eksekutif periklanan dan Film. Selain itu, Beliau juga sibuk menangani program budaya Peringatan 60 Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang yang akan berlangsung setahun kedepan. Belakangan ini, Beliau memproduksi konser tunggal Joey Alexander di Tangerang.

 

Sebagai musisi pencinta harmoni, lagu seperti apakah yang menyenangkan untuk dinyanyikan oleh sesosok Toni Sianipar?

 

  1. Terlambat Sudah – Panbers

 

Prinspi saya dalam bernyanyi adalah supaya pendengar bisa bernyanyi bersama. Lagu ini memiliki banyak celah untuk dijelajahi, dan di bagian tengahnya ada jeda dimana pendengar bias turut bernyanyi. Jadi unsur surprisenya tinggi.

 

  1. Andaikan Kau Datang Kembali – Koes Plus

Chord aslinya yg sangat kaya dapat di kembangkan ke suasana yang lebih modern. Padahal, Koes Plus menciptakannya dengan sangat sederhana, tp luas pengembangannya.

 

  1. Mawar Berduri – Broeri Marantika

Dari segi progresinya sangat lah kaya, dari situ terlihat bahwa lagu pop simple di buat oleh A Rianto dengan makna yang sangat dalam. Kalo di telaah lebih lagi, maknanya sangat lah dalam apa lagi ketika didengar secara global dengan chord dan progresinya.